You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Jatiklabang

Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Prov. Jawa Timur
Info
DESA JATIKLABANG DAN SELURUH WILAYAH INDONESIA BEBAS DARI CORONA (COVID-19) GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 DAN SELURUH WARGA BERSSATU UNTUK MELAWAN CORONA (COVID-19)

PERTEMUAN LOKA KARYA LINTAS SEKTOR PUSKESMAS JATIROGO


PERTEMUAN LOKA KARYA LINTAS SEKTOR PUSKESMAS JATIROGO

jatiklabang.id-Hari ini Kamis Tanggal 9 November 2023 pukul 09.00-12.15 WIB bertempat di Aula PUSKESMAS Kecamatan Jatirogo telah dilaksanakan Pertemuan Lintas sektor yang di prakarsai oleh  Bapak dr. Abdullah Khamdi selaku Kepala Puskesmas Jatirogo.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun sinergi dan kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan yang ada di Kecamatan Jatirogo, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang ada di kecamatan Jatirogo. adapaun narasumber yang hadir adalah dari FORKOPOMKA Jatirogo Yaitu ,  Bapak Camat , Bapak Danramil, Bapak Kapolsek Jatirogo. dengan mengndang  peserta dari berbagai kalangan masyarakat, Mulai dari PKK, Fatayat, Kader Kesehatan dan seluruh  Kepala desa yang ada wilayah kerja PUSKESMAS JAtirogo.

Ada beberapa tema yang dibahas dalam kegiatan ini yaitu tentang STANTING, ODF dan capaian-capaian PUSKESMAS Jatirogo pada tahun 2023 ini, namun yang difokuskan oleh Bapak dr. Abdullah Khamdi adalah tentang kesehatan Jiwa Masyarakat Jatirogo yang dianggap juga tidak kalah penting dari kesehatan Jasmani. dalam kegiatan ini Bapak Kepala Puskesmas jatirogo  menyampaikan sebuah inovasi yang terkait dengan Kesehatn Jiiwa yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2024 dalam melayani masyarakat di Kecamatan Jatirogo terkait dengan kesehatan jiwa.

"Mungkin nanti  akan ada penyampain dari saya terkait dengan inovasi dari puskesmas Jatirogo yang akan segera kita laksanakan, sebetulnya sudah berjalan , cuman akan menjadi inovasi yang akan menambah semangat dalam melayani warga masyarakat yang ada di Kecamatan Jatirogo, Alhamdulillah saya akan menyampaikan kembali capaian-capaian kita yaitu yang pertama memang sesuai dengan target kita di tahun ini PUSKESMAS Jatirogo yang wilayah kerjanya ada sembilan Desa. Sembilan Desa tersebut pada tahun ini Alhamdulillah sudah berhasil menjadi desa ODF desa bebas dari buang air sembarangan, dan atas dukungan dari berbagai pihak pada tahun ini PUSKESMAS Jatirogo telah Lulus akreditasi dengan predikat Nilai yang Paripurna, sedangkan terkait program stanting alhamdulillah tahun ini kecamatan jatirogo di angka 9% sudah berada di bawah target kabupaten tuban yaitu sebesar 14%" Mengutip dari apa yang disampaikan oleh bapak dr. abdullah khamdi dalam sambutannya.

Inovasi yang dicetuskan oleh Puskesmas Jatirogo dalam melayani kesehatan masyarakat yang diprioritaskan khusus untuk kesehatan jiwa dengan guna mencegah, dan mngobati dan mengurangi ODGJ yang ada diKecamatan Jatirogo disebut dengan SAJIKU singkatan dari "SAHABAT JIWAKU" dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan Petugas Kesehatan terhadap Pasien ODGJ dengan bekerja sama sama dengan pihak-pihak  terkaiti, mulai dari Perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan dari kalangan masyarakat yang lain.

Tujuan dari inovasi ini adalah untuk mengurangi gangguan kesehatan masyarakat di Kecamatan Jatirogo  khususnya kesehatan jiwa atau mental, agar ODGJ yang ada di kecamatan Jatirogo semakin tahun akan semakin berkurang., semoga warga masyarakat di kecamatan jatirogo semakin sehat dan sejahtera ,, amin Ya Robbal Alamin. (abdul)

Penulis :

Abdul Kholiq

Narasumber:

dr.Abdullah Khamdi  (Kepala PUSKESMAS Jatirogo)

 

Bagikan artikel ini:
Komentar