DESA JATIKLABANG DAN SELURUH WILAYAH INDONESIA BEBAS DARI CORONA (COVID-19) GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 DAN SELURUH WARGA BERSSATU UNTUK MELAWAN CORONA (COVID-19)

Artikel

Bank Dunia Setujui Pendanaan 700 juta Dolar untuk Indonesia

16 Mei 2020 20:07:21  Admin  404 Kali Dibaca  Berita Desa

JATIKLABANG.ID- Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pendanaan senilai 700 juta dolar AS (sekitar 10,5 triliun) untuk Indonesia dalam mengatasi dampak Covid-19 di Indonesia. Dana tersebut untuk meningkatkan sistem perlindungan sosial maupun memperkuat sektor keuangan.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Satu Kahkonen mengatakan bantuan ini dibutuhkan karena sifat dan jangkauan Covid-19 belum pernah terjadi sebelumnya. "Untuk Indonesia, kami mendukung pemerintah terus fokus pada perlindungan penduduk yang paling rentan dan berisiko tinggi serta meningkatkan kesiapsiagaan darurat untuk sektor-sektor prioritas," katanya, Sabtu (16/5).

Ia melanjutkan, dalam jangka panjang, kesiapan dan kemampuan untuk meminimalisasi dampak tersebut sangat penting bagi upaya berkelanjutan untuk mengurangi kemiskinan dan melindungi sumber daya manusia. Proyek pertama yang disetujui untuk pendanaan ini adalah pembiayaan tambahan untuk asistensi program reformasi sosial senilai 400 juta dolar AS.

Proyek awal dari pendanaan tambahan itu telah disetujui tiga tahun lalu, dan berhasil mendukung berbagai program utama pemerintah dalam bantuan sosial. Dukungan tersebut antara lain, perluasan program keluarga harapan (PKH) dari enam juta menjadi 10 juta keluarga. Kemudian peningkatan sistem penyampaian program serta koordinasi dengan program bantuan sosial lainnya. 

 

Bantuan pembiayaan ini dapat membantu mengatasi pandemi Covid-19 yang berdampak besar pada kaum miskin dan rentan serta pekerja informal. Pendanaan tersebut juga diharapkan dapat membantu penambahan dana darurat sementara bagi 10 juta penerima PKH, untuk menjaga tingkat kesejahteraan sosial. 

Pendanaan ini dinilai dapat membantu Kementerian Sosial, dalam memperkuat kapasitas sistem perlindungan sosial untuk meningkatkan dan menyediakan perlindungan tepat waktu bagi masyarakat terdampak bencana alam berskala besar atau epidemi di masa depan.

Selain itu, program ini akan mendukung penguatan sistem penyampaian PKH dan menghubungkan lulusan penerima PKH terpilih, dengan program kewirausahaan sosial yang baru untuk meningkatkan keterampilan bisnis. Program tersebut juga dinilai akan mendukung data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), untuk mencakup lebih banyak rumah tangga miskin dan renta. 

Proyek kedua dari pembiayaan yang disetujui, adalah pinjaman untuk kebijakan reformasi dalam pengembangan sektor finansial guna mengatasi dampak Covid-19. Indonesia mendapat pembiayaan sebesar 300 juta dolar AS.

Dukungan untuk kebijakan pembangunan yang telah disetujui pada Maret 2020 ini, bertujuan untuk membantu meningkatkan kedalaman, efisiensi dan ketahanan sektor keuangan. Pendanaan tambahan tersebut akan membantu pemerintah menutupi keterbatasan keuangan yang tidak terduga yang muncul akibat pandemi, dan membantu mengatasi krisis Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan dukungan dari lembaga-lembaga internasional seperti Bank Dunia dapat menjaga tingkat kesejahteraan sosial dan mengatasi dampak Covid-19 kepada perekonomian. "Kami dapat memberikan bantuan untuk berbagai kebutuhan seperti penyediaan bantuan sosial dan menjaga ketahanan ekonomi negara," katanya.

Sri Mulyani memastikan pemerintah menyadari dampak signifikan Covid-19 terhadap mata pencaharian banyak orang terhadap berbagai sektor di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, dukungan bagi sektor terdampak ini menjadi pondasi yang diperlukan oleh pemerintah dalam bertindak lebih lanjut untuk memastikan adanya pemulihan jangka panjang masyarakat dan ekonomi Indonesia.

SUMBER :

REPUBLIKA.CO.ID

MSN.COM

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jln Raya Timur Nomor 256 Jatiklabang Jatirogo Tuban 62362
Desa : Jatiklabang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : jatiklabang.desa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:39
    Kemarin:419
    Total Pengunjung:190.746
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.197.198.214
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

30 September 2019 | 7.625 Kali
SUNAN BONANG : Biografi, Nama Asli, Kisah, Sejarah, Letak Makam
26 Agustus 2016 | 4.486 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 4.423 Kali
Profil Desa
17 September 2019 | 4.418 Kali
Wilayah Desa
17 Maret 2019 | 4.406 Kali
Pemerintah Desa
29 Juli 2013 | 4.397 Kali
LPMD DESA JATIKLABANG
30 April 2014 | 4.384 Kali
PKK