You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Jatiklabang

Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Prov. Jawa Timur
Info
DESA JATIKLABANG DAN SELURUH WILAYAH INDONESIA BEBAS DARI CORONA (COVID-19) GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 DAN SELURUH WARGA BERSSATU UNTUK MELAWAN CORONA (COVID-19)

MEMBANGUN KELUARGA YANG BERKUALITAS MELAUI FDS


MEMBANGUN KELUARGA YANG  BERKUALITAS MELAUI FDS

Jatiklabang.id- Sabtu 30 Agustus2019  bertempat di Balai Desa Jatiklabang Pendamping  Program Keluarga Harapan (PKH) Se-Kecamatan Jatirogo melaksanakan Penyuluhan  Family Develompment Sesion (FDS) Kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH )  Desa Jatiklabang.

Antosias warga sangat besar sekali sehingga pelaksanaan FDS dapat berjalandengan lancar sesuai dengan harapan.  Dalam melaksanakan FDS di Desa Jatiklabang yang dilakukan oleh Bpk Tasyhudi, S.E. Drs. Sukisno, Ririn Reknowati, S.E., Setiyaningsih, Amd.Keb.  yang merupakan tim Pendamping sosial kecamatan Jatirogo.

pkh2_1

Istilah FDS ini tentunya masih asing untuk warga awam , apa ya kira kira FDS itu..?

 Family Develompment Sesion (FDS) adalah merupakan bagian dari bisnis proses Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan pertemuan kelompok yang di gunakan sebagai wadah pemberian materi materi yang sudah di tetapkan oleh Kementerian Sosial lewat modul modul yang bertema sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan PKH.

Apa Tujuan  diadakannya  Family Develompment Sesion (FDS)  ??

- Merubah pola pikir KPM (tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan)

 - Merubah perilaku KPM (Keluarga Penerima Manfaat )

Dan pada hari ini materi yang di sampaikan adalah tentang Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Lebih Baik.

Untuk menjadi orang tua yang lebih baik ada 7 langkah yaitu :

  1. Mengingat hal yang membahagiakan
  2. Sejalan antara perkataan dan perbuatan
  3. Selalu beruasaha melihat hal baik yang ada dalam diri masing masing
  4. Selalu bersikap, berperilaku dan bertutur kata dengan penuh kasih sayang tanpa kekerasan
  5. Dengan saling bekerja sama ayah dan ibu saling membantu dalam mengasuh anak
  6. Ayah dan ibu berdiskusi dan memutuskan bersama dalam hal pengasuhan anak

7. Menghindari perbedaan pendapat ataupun pertengkaran di hadapan anak

Metode yang dipergunakan fasilitator dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) ceramah, tanya jawab, diskusi, berbagi kasus. Nampak beberapa keluarga penerima manfaat bercerita kepada fasilitator mengenai kasus yang dijumpai dan menanyakan solusi penanganannya.

Semoga Program FDS ini  benar benar bisa memberikan dampak positif untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sehingga bisa membangun keluarga menjadi lebih baik dan mampu mendidik anak anak mereka menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan mampu erssaing di era gloalisasi ini. (kh.oliq)

Bagikan artikel ini:
Komentar