You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Jatiklabang

Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Prov. Jawa Timur
Info
DESA JATIKLABANG DAN SELURUH WILAYAH INDONESIA BEBAS DARI CORONA (COVID-19) GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 DAN SELURUH WARGA BERSSATU UNTUK MELAWAN CORONA (COVID-19)

10 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula dan Susu


10 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula dan Susu

JATIKLABANG.ID-  Kopi termasuk salah satu minuman paling populer di dunia, salah satunya di Indonesia. Negara ini memiliki banyak varietas kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menyebakan kopi seakan-akan tidak bisa terpisah dari budaya masyarakat di Indonesia.

Untuk para penikmat kopi ‘veteran’. Jenis kopi yang banyak dicari adalah kopi hitam. Bagi beberapa orang, menikmati kopi hitam berarti menikmati cita rasa sejati dari kopi tersebut. Ternyata, kopi hitam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, ada 10 manfaat dari kopi hitam yang sayang bila kamu lewatkan:

1. Meningkatkan memori

Meminum kopi hitam di pagi hari, ternyata dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya memori dengan cara menjaga otak tetap aktif. Saraf-saraf yang aktif akibat meminum kopi hitam, juga menurunkan resiko terkena penyakit demensia.

2. Membersihkan perut

Kopi memiliki sifat diuretic. Sifat ini membuat kamu seringkali ingin buang air kecil. Disaat inilah, racun-racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin. Ini membantu kamu membersihan perutmu dari berbagai macam bakteri.

3. Melindungi hati

Sebagai organ yang melakukan ratusan fungsi penting, kesehatan hati kamu tentunya patut dijaga. Pasalnya, banyak penyakit-penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati seperti hepatitis.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan, orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati.

4. Membantu Hidup Lebih Lama

Mengingat banyaknya manfaat kopi untuk tubuh, maka tidak salah bila disimpulkan bahwa kopi hitam membantu kamu untuk hidup lebih lama.

Sebuah penelitian dari Sekolah Kesehatan Harvard menyatakan, minum kopi dikaitkan dengan penurunan 20 persen riesiko kematian pada pria dan penurunan risiko kematian 26 persen pada wanita dalam rentan umur 18-24 tahun.

 

ilustrasi bahagia ilustrasi bahagia

 

5. Meningkatkan kinerja fisik

Kafein yang terdapat dalam kopi hitam merangsang sistem saraf kamu, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tetapi juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah kamu. Penelitian yang dilakukan oleh bagian ilmu biomedis Universitas Luton menyatakan, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen.

 

 

6. Meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam adalah pembangkit tenaga antioksidan. Kopi hitam mengandung Vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium.

7. Mengurangi stres dan depresi

Stres merupakan masalah terbesar untuk tubuh. Pasalnya, stres merupakan penyebab banyak masalah kesehatan yang serius. Tetapi minum secangkir kopi hitam ketika kamu merasa tegang atau rendah dapat meningkatkan suasana hati kamu secara instan dan membuat segalanya menjadi lebih baik.

Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter penting yang meningkatkan suasana hati.

 

Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga

 

8. Membakar lemak

Segelas kopi hitam dapat membantu kamu membakar lemak jahat di tubuhmu. Kafein ditemukan di setiap biji kopi menjadi salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi Universitas London menyatakan, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme kamu hingga tiga sampai 11 persen.

9. Membuat bahagia

Pada dasarnya hal terpenting yang di dunia adalah bahagia. Ini juga salah satu solusi terbaik untuk melawan depresi. Sediakan dua cangkir kopi hitam setiap hari untuk mencegah depresi.

10. Meningkatkan kinerja tubuh saat olahraga

Kopi hitam secara drastis meningkatkan kinerja fisik kamu dan membantu kamu mengeluarkan 100 persen potensi tenaga kamu saat melakukan olahraga. Hal inilah yang menyebabkan para pelatih-pelatih olahraga merekomendasikan kopi sebelum memulai olahraga.

sumber :

travel.compas.com

Bagikan artikel ini:
Komentar