30 September 2019 05:44:36
Ditulis oleh Admin

SUNAN BONANG : Biografi, Nama Asli, Kisah, Sejarah, Letak Makam

JATIKLABANG.ID- Sunan Bonang , Raden Makhdum Ibrahim atau yang dikenal sebagai Sunan Bonang, merupakan salah satu dari sembilan wali yang berperan dalam menyiarkan Islam di Indonesia. Sunan Bonang sendiri merupakan putra pertama dari Sunan Ampel (Surabaya). Beliau juga merupakan seorang guru sekaligus imam besar yang sangat terkenal dan dihormati di pulau Jawa. Dan sebagai waliyullah, sunan Bonang banyak dianugerahi dengan ilmu yang sangat tinggi.

BIOGRAFI SUNAN BONANG

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Sunan Bonang lahir sekitar 1465 M. Beliau merupakan putra dari Sunan Ampel dan Dewi Condrowati, atau yang biasa disebut Nyai Ageng Manila. Maka dari itu, Sunan Bonang juga merupakan cucu dari Syekh Maulana Malik Ibrahim, yang jika diteruskan akan bertemu dengan silsilah Nabi Muhammad SAW. Sedangkan ibunya, merupakan putri dari seorang adipati Tuban yakni Aryo Tejo.

Nama asli Sunan Bonang yaitu Syekh Maulana Makdum Ibrahim atau Raden Makdum Ibrahim. Beliau juga merupakan kakak dari Raden Qosim atau yang dikenal sebagai Sunan Drajad. Sejak kecil Sunan Bonang telah dibekali dengan ajaran agama Islam oleh ayahnya dengan tekun dan disiplin. Bahkan Sunan Bonang yang masih muda pernah melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan latihan atau riyadhoh sebagai seorang wali.

Saat masih remaja, Sunan Bonang pernah menyeberang hingga ke daerah Pasai, Aceh untuk mendapatkan ajaran agama Islam dari Syekh Maulana Ishak bersama dengan Raden Paku (Sunan Giri). Setelah kembali ke tanah Jawa, beliau menetap di daerah Bonang atau pantai utara. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Beliau tidak menikah dan tidak memiliki keturunan, karena lebih memilih mengabdikan hidup untuk menyebarkan agama Islam.

WILAYAH DAKWAH SUNAN BONANG

Sunan Bonang

Sunan Bonang

Sepulangnya Sunan Bonang dari riyadhoh, beliau kemudian diperintahkan oleh Sunan Ampel untuk melakukan dakwah di daerah Tuban, Jawa Timur. Beliau kemudian mendirikan pondok pesantren sebagai pusat dakwah dan menyebarkan agama Islam melalui penyesuaian adat Jawa. Sementara itu, murid-murid atau santri beliau berasal dari berbagai penjuru Nusantara. Ada yang asli dari Tuban, dari pulau Madura, pulau Bawean, dan juga Jawa Tengah.

Salah satu murid Sunan Bonang yang terkenal dan sekaligus sahabatnya yaitu Sunan Kalijaga. Menurut beberapa sumber cerita, Sunan Bonang adalah penanggung jawab atas penyesuaian adat Jawa ke Islam yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Beliau mengajarkan Islam kepada muridnya dengan pendekatan unik melalui alat musik Bonang dan juga suluk atau primbon yang hingga saat ini masih tersimpan di Universitas Laiden, Belanda.

Dari sumber lain disebutkan bahwa Sunan Bonang turut berjasa dalam mengajarkan agama Islam kepada Raden Patah secara khusus. Raden Patah merupakan putra dari raja Majapahit (Prabu Brawijaya V) dan merupakan sultan pertama kerajaan Demak, Jawa Tengah. Selain itu, beliau juga diyakini turut membangun dan menjadi imam pertama Masjid Agung Demak. Maka tidak salah jika Sunan Bonang sangat terkenal dan dihormati. (bersambung...)

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus