18 November 2020 03:42:08
Ditulis oleh Admin

KJRI Jeddah: Visa Umrah Disetop Sementara untuk Evaluasi

JATIKLBANG.ID--Pandemi covid-19 sampai sat ini masih belum berakhir dan entah sampai kapan? hanya Allah yang tahu. Namun tentunya segala upaya dan usaha sudah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona ini akan tetapi memang tidaklah mudah, hingga saat ini pandemi belum juga hilang dari muka bumi ini.

Sehingga Pandemi covid19 ini sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di masyarakat. kehidupan  bernegara, sosial, politik budaya, agama dan lain-lain. bahkan dalam pelaksanaan ibadah umroh di Tanah Suci Makkah pun terkendala karena covid- 19.

Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi, Endang Jumali, mengakui penerbitan visa umroh disetop sementara. Namun, penghentian ini dalam rangka evaluasi penyelenggaraan umrah.

"Penyesuaian terhadap beberapa aspek misalnya protokol kesehatan," kata Endang kepada Medcom.id, Selasa, 17 November 2020.

Menurut dia, sedianya tidak ada pernyataan tertulis dari Arab Saudi soal penghentian sementara penerbitan visa umrah ini. Pasalnya, ibadah umrah juga digelar secara bertahap selama pandemi virus korona

Dia menyebut secara sistem, pelayanan visa umrah sedianya masih dibuka. Hanya visa turis yang benar-benar ditutup total.

"Hasil koordinasi kami dengan muasasah atau badan yang ditunjuk untuk mengurus visa, sekitar tanggal 20 ke atas sudah ada lagi untuk penerbitan visa," jelas Endang. 

Pernyataan serupa diungkapkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Oman Fathurahman. Selain evaluasi, proses visa ditutup untuk pengaturan penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia. 

Oman menyebut ada beberapa temuan yang harus menjadi perhatian penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). Masalah ini meliputi prosedur tes usap, penanganan kasus positif, pendampingan ketat saat beribadah di Masjidil Haram, serta proses pemulangan jemaah.

Harapn kita semua semoga pandemi covid-19 segera dapat diatasi oleh seluruh negara di Dunia agar kita dapat beraktifitas secara normal seperti sediakala. amin Ya Robbal Alamin..

sumber

www.msn.com

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus