You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Jatiklabang

Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Prov. Jawa Timur
Info
DESA JATIKLABANG DAN SELURUH WILAYAH INDONESIA BEBAS DARI CORONA (COVID-19) GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 DAN SELURUH WARGA BERSSATU UNTUK MELAWAN CORONA (COVID-19)

Pelestarian Budaya Gotong Royong


Pelestarian Budaya Gotong Royong

Gotong royong merupakan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia yang sangat perlu untuk dilestarikan karena mengandung nilai nilai persaudaraan dan persatuan serta sangat memudahkan dalam mekaksanakan setiap program atau kegiatan di Desa.

Dalam hal ini warga masyarakat Desa Jatiklabang khususnya di Dusun Tirogo mulai bulan Januari sampai pebruari 2019 mengadakan pembangunan Rumah di Sumur Punden Dusun Tirogo yang dilaksanakn dengan bergotong royong oleh semua warga dengan didampingi perangkat desa stempat, diantaranya Bapak Suko Supriyono selaku Kepala Desa Jatikklabang, Bapak Novi Ali Mushofa selaku Sekretaris Desa Jatiklabang yang memiliki semangat untuk membangun Desa Jatiklabang,  serta Babinsa Desa Jatiklabang Bapak Gunawan dan juga Kadus Tirogo Bapak Eko Wanto ikut aktif dalam kegiatan gotong royong tersebut.

Dari kegiatan tersebut saat ini telah terbangun Rumah yang bagus yang berada di Sumur Punden Dusun Tirogo sebagia tempat dilaksanakannya kegiatan Dusun seperti Sedekah Bumi yang setiap Tahun digelar dengan di ramaikan oleh hiburan Wayang, serta kegiatan Bucu Sumur yang diadakan 3 kali dalam setahun, biasanya di awal musim  penghujan, kemudian sahabis masa tanam padi lalu yang puncaknya bersamaan dengan Panen Raya yang di tandai dengan acara puyncak yaitu Sedekah Bumi.

Kehadiran semua lapisan masyarakat mulai dari Perangkat Desa , semua Warga dan Babinsa merupakan bukti bahwa Tradisi Gotong Royong masih sangat erat menempel di Desa Jatikklabang khususnya di Dusun Tirogo ataupun Dusun-dusun lainnya. jangan sampai tradisi gotong royong ini hanya ada di pedesaan kalau perlu tradisi yang sangat bagus ini dapat menular ke perkotaan agar nilai persatuan dan persaudaraan semakin terjalin di masyarakat. yang tentunya bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan di negara Indonesia tercinta ini.

Semoga Tradisi Gotong Royong akan selalu Lestari... Hidup Gotong Royong.... Hidup Dusun Tirogo... Hidup Desa Jatiklabang.......

Bagikan artikel ini:
Komentar